Rabu, 31 Maret 2010

BAB 1 Latar Belakang Masalah

BAB I

PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah


Ilmu komputer bukan merupakan sesuatu hal yang asing bagi kalangan dunia komputerisasi, terutama di dalam bidang pendidikan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi seperti hadware, software, dan komunikasi data. Khusus di bidang pendidikan penggunaan informasi dapat membantu kelancaran di dalam proses pembelajaran. Metode belajar yang baik dapat mempengaruhi pola pikir peserta didik khususnya mahasiswa. Contoh nyatanya adalah rasa keinginan untuk proses pembelajarannya akan timbul jika sistem pembelajaran tidak membosankan. Sampai sekarang media yang sering digunakan dan masih tetap dipergunakan adalah buku dan pengajaran dari dosen. Masalah lain bagi mahasiswa yaitu proses belajar mengajar di kelas yang terbatas hanya 1 jam per SKS, hal ini membuat peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan terutama bagi yang terlambat mengikuti perkuliahan. Untuk mengatasi hal ini dapat dimanfaatkan teknologi lain seperti memanfaatkan akses internet seperti membuat E-learning, dengan E-learning ini dapat membuat minat belajar mahasiswa menjadi terpacu karena mahasiswa dapat mengakses mata kuliah yang diinginkan kapan saja.
Di dalam ilmu komputer, Pengantar Teknologi Sistem Informasi merupakan salah satu mata kuliah yang sangat penting di dalam perkuliahan jurusan Sistem Informasi dikarenakan memiliki bobot 4 SKS. Dengan bobot SKS yang besar apabila proses belajar tidak efektif akan menimbulkan dampak tidak baik bagi mahasiswa, selain itu juga minat belajar setiap orang tidak sama. Metode belajar yang diterapkan dosen juga sangat berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa apabila cara mengajar dosen membosankan akan menimbulkan suasana kegaduhan di kelas sehingga membuat mahasiswa yang ingin belajar ikut terganggu.
Oleh karena itu penulis berusaha membuat suatu aplikasi agar mahasiswa tidak jenuh belajar, dengan membuat E-learning Pengantar Teknologi Sistem Informasi.



1.2 Batasan Masalah
Di dalam batasan masalah ini penulis hanya membatasi pada Pengantar Teknologi Sistem Informasi A yang membahas mengenai pengenalan komputer.

1.3 Tujuan Penulisan
Di dalam penulisan ilmiah ini bertujuan untuk membuat E-learning Pengantar Teknologi Sistem Informasi A (PTSI) agar mahasiswa dapat belajar mandiri yang tidak hanya belajar di dalam kelas saja, tetapi mahasiswa dapat mengakses mata kuliah ini dimana saja dan kapan saja.

1.4 Metode Penelitian
Di dalam penyusunan pembuatan E-learning ini, penulis mendapatkan informasi – informasi dalam pembuatan E-learning ini dari studi pustaka, yaitu dengan mencari bahan referensi dari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan ini. Pembuatan website E-learning ini dimulai dengan membuat tampilan dan kodenya di dalam editor.

Tahap-tahap yang dilakukan untuk membuat website ini adalah :
1. Mengumpulkan materi-materi Pengantar Teknologi Sistem Informasi A
2. Melakukan Perancangan dan pembuatan situs, dengan membuat tampilan fasilitas dengan menggunakan teknik navigasi
3. Merancang tampilan halaman E-Learning
4. Merancang Database E-Learning Pengantar Teknologi Sistem Informasi A
5. Mempersiapkan Hardware dan Software yang akan digunakan dalam pembuatan website E-Learning Pengantar Teknologi Sistem Informasi A dan penggabungan dengan XAMPP
6. Pembuatan program
7. Implementasi
Hardware yang digunakan adalah:
• Intel Core 2 Duo processor T5550 (1.83 Ghz,667 MHz FSB, 2 MB L2 cache)
• Memory 1 GB DDR2
• Harddisk 160 GB
• 12.1” WXGA
• Mobile intel Graphics
Software yang digunakan adalah :
• System Operasi Windows XP
• XAMPP 1.7
• Macromedia Dreamweaver 8
• Mozilla Firefox

1.5. Sistematika Penulisan
Dalam sistematika penulisan ilmiah ini terdiri dari beberapa bab yang berguna untuk mengetahui informasi yang akan dibahas di setiap babnya.
Bab I Pendahuluan
Bab ini mengupas tentang pendahuluan yang menggambarkan latar belakang, batasan masalah, tujuan, metode penelitian dan sistematika dari penulisan.
Bab 2 Landasan Teori
Bab ini mengupas tentang landasan teori dari keseluruhan penulisan yang berisikan tentang pembahasan di dalam merancang E-Learning Pengantar Teknologi Sistem Informasi (PTSI) menggunakan PHP dan MySQL.
Bab 3 Perancangan dan Implementasi
Pada bab ini berisikan tentang penerapan atau implementasi teori dan membahas tentang berbagai spesifikasi untuk peralatan pendukung dalam proses pembuatan E-Learning seperti : hardware dan software, serta akan dibahas tentang cara menjalankan E-learning ini.
Bab 4 Penutup
Bab ini adalah bab terakhir dari Penulisan Ilmiah mengenai E-learning yang dibuat. Pada bab ini berisikan kesimpulan dan saran-saran Penulisan Ilmiah.




2 komentar: